logo

SELAYANG PANDANG BANKERS INSTITUTE

BANKERS INSTITUTE adalah kawah candradimukanya para bankir professional. BANKERS INSTITUTE menyediakan jasa dan fasilitas bagi para calon bankir maupun para bankir untuk meningkatkan ketrampilannya dalam bidang perbankan. BANKERS INSTITUTE membantu perusahaan perbankan mendapatkan kandidat bankir professional dan membantu perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusannya yang berminat bekerja di perusahaan perbankan.

BANKERS INSTITUTE didirikan pada tanggal 10 November 2012 di Yogyakarta oleh para praktisi perbankan.  BANKERS INSTITUTE didirikan sebagai langkah produktif untuk mengantisipasi kurangnya bankir professional yang dibutuhkan perusahaan perbankan saat ini, ditengah membludaknya pengangguran terdidik di Indonesia. Yogyakarta dipilih karena memiliki predikat sebagai kota pendidikan sekaligus kota perjuangan. Sebagai kota pendidikan, Yogyakarta menyajikan iklim kondusif bagi para calon bankir untuk meningkatkan kualitas dirinya di BANKERS INSTITUTE. Sebagai kota perjuangan, melambangkan perjuangan para calon bankir di BANKERS INSTITUTE untuk mencapai predikat sebagai bankir professional sesuai tuntutan perusahaan perbankan. Tanggal 10 November juga dipilih karena hari tersebut merupakan salah satu hari special bagi bangsa Indonesia, untuk memperingati para pahlawannya. Harapannya, para kandidat bankir yang belajar di BANKERS INSTITUTE ini nantinya akan menjadi pahlawan-pahlawan pengisi kemerdekaan yang mampu membesarkan dan mengembangkan industri perbankan nasional.

 

LOGO & ARTINYA

BANKERS INSTITUTE memiliki logo berupa gambar sebuah obor emas yang dilingkari sebuah pita emas menyerupai huruf “b” dan ditempatkan didalam sebuah koin emas bergerigi, mengandung arti sebagai berikut:

 • Gambar OBOR EMAS:

 Obor adalah salah satu sumber cahaya yang universal. Obor masih dipergunakan sebagai lambang semangat, sportifitas, kompetisi yang fair dan prestasi yang tinggi dalam dunia olah raga internasional. Obor selalu dinyalakan pada saat permulaan penyelenggaraan olimpiade, diarak keliling dunia dan baru dipadamkan pada saat prestasi telah tercapai.

Gambar obor disini bukan hanya obor biasa, namun obor emas dengan api yang menyala-nyala berkilau keemasan. Para pendiri BANKERS INSTITUTE bercita-cita suatu saat nanti BANKERS INSTITUTE menjadi lembaga yang memberikan cahaya kepada para calon bankir yang ingin diterima bekerja di perusahaan perbankan, bagi para bankir yang ingin dipromosikan atau naik jabatan, bagi perusahaan-perusahaan perbankan yang kesulitan mendapatkan bankir professional dan bagi perguruan tinggi yang menginginkan kualitas lulusannya memiliki kompetensi khusus perbankan. Kilau api keemasan menunjukkan harapan bahwa alumni BANKERS INSTITUTE nantinya memiliki kualifikasi kompetensi perbankan sehingga dapat bermanfaat bagi perusahaan perbankan tempatnya bekerja maupun bagi Indonesia.

 • Gambar huruf “b” melingkari obor emas:

Gambar pita emas yang menyerupai huruf “b” adalah ikon BANKERS INSTITUTE. Pita emas itu ditorehkan dari ujung kiri kebawah melalui bagian depan tangkai obor emas, kemudian melingkari tangkai obor emas bagian belakang dan akhirnya melesat naik melewati bagian depan tangkai obor emas. Torehan pita emas huruf “b” itu melambangkan perjuangan para bankir dan calon bankir di BANKERS INSTITUTE. Mereka harus mau merendahkan hati untuk menggali potensi diri di BANKERS INSTITUTE. Selama beberapa waktu, mereka akan menyepi di BANKERS INSTITUTE untuk menjalani gemblengan menjadi seorang bankir professional. Pada saat yang telah ditentukan, mereka akan kembali menjadi bankir professional dan prestasi mereka melesat naik sampai batas tak terhingga.

 • Gambar koin emas bergerigi:

Logo BI berupa gambar obor emas yang dililit pita emas itu ditempatkan didalam koin emas bergerigi. Koin emas adalah lambang kemakmuran. Para pendiri BANKERS INSTITUTE bercita-cita bahwa alumni BANKERS INSTITUTE akan membawa kemakmuran bagi dirinya sendiri, bagi perusahaan perbankan tempatnya bekerja dan bagi industri perbankan Indonesia. Namun koin emas ini bukanlah sekedar koin emas biasa. Koin emas ini bergerigi. Jika kita cermati, bentuknya seperti “gir” sepedamotor, yang bekerja keras untuk memutar roda sepedamotor. Koin emas bergerigi menunjukkan bahwa kemakmuran akan didapatkan melalui kerja keras seluruh pihak yang terlibat dalam BANKERS INSTITUTE. Disisi lain, gir adalah salah satu bagian yang membuat sepedamotor dapat melaju kencang. Artinya, alumni BANKERS INSTITUTE diharapkan dapat memacu pertumbuhan industri perbankan nasional supaya menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dan di Asia.

 

TUJUAN PENDIRIAN BANKERS INSTITUTE

1. Meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi, sehingga para lulusan perguruan tinggi dapat berkarir sebagai bankir professional di perusahaan perbankan. Untuk mencapai tujuan ini BANKERS INSTITUTE bekerjasama dengan perguruan tinggi – perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu BANKERS INSTITUTE juga membuka kesempatan bagi para lulusan perguruan tinggi untuk menggembleng diri menjadi bankir professional.

2. Membantu perusahaan-perusahaan perbankan dalam rangka mendapatkan bankir professional sesuai kualifikasi yang dikehendakinya dan mengelola para bankir yang telah bekerja di perusahaan perbankan untuk meningkatkan ketrampilan kerjanya. Untuk mencapai tujuan ini BANKERS INSTITUTE bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan perbankan dalam rangka rekrutmen, seleksi, maupun pengembangan karyawan. Selain itu BANKERS INSTITUTE juga membuka kesempatan bagi para bankir yang ingin dipromosikan atau naik jabatan untuk menggembleng kemampuan manajerial perbankannya.

3. Mewujudkan kesejahteraan bagi para pihak yang terlibat didalamnya.

 

*******